Langsung ke konten utama

Ingin Membangun Bisnis Komponen Elektronik? Berikut Berbagai Penyebab Kegagalan yang Harus Diwaspadai!



Berbagai macam bisnis memang bisa menjadi sangat menggiurkan, bahkan bisnis seperti komponen elektronik di jaman sekarang pun menjadi bisnis yang empuk dijalankan. Tetapi, mengetahui penyebab kegagalan dari usia dini adalah keuntungan tersendiri sehingga kita dapat menemukan cara melakukan antisipasinya. Memang, kegagalan yang berada di dunia usaha adalah hal yang wajar dan dapat terjadi pada siapa pun. Namun, kita juga harus lebih meminimalisir adanya kegagalan tersebut dengan melakukan berbagai macam cara pencegahan. Hal yang paling penting bukan mengetahui penyebab kegagalan usaha, namun bagaimana cara untuk kembali bangkit dari kegagalan.

Penyebab kegagalan membangun bisnis komponen elektronik :

Berikut beberapa penyebab kegagalan yang harus Anda antisipasi.

Pertama, tidak memahami seperti apa usaha yang sedang dijalankan.
Sebelum memulai usaha, lebih baik Anda mengetahui berbagai macam hal mengenai usaha yang sedang Anda jalankan. Tentu lebih baik lagi jika usaha ini benar-benar sesuai dengan bakat dan minat Anda. jangan salah, membangun usaha bukan hanya sekedar membuat barang, namun Anda harus mengetahui seperti apa benda yang sebenarnya yang diperlukan oleh masyarakat, berapa banyaknya permintaan yang timbul. Memang, kita tidak perlu ahli di bidang bisnis ini, tetapi setidaknya Anda pernah bekerjasama dengan orang lain yang memiliki pengalaman tersebut.

Kedua, tidak memiliki pengalaman dalam bidang pemasaran.
Pemasaran yang baik merupakan salah satu kunci keberhasilan di semua jenis bisnis, bukan hanya bisnis menjual komponen elektronik. Tidak memiliki pengalaman dalam bidang pemasaran akan menjadi penyebab kegagalan dari usaha. Pada jaman digital seperti saat ini, masih ada bisnis yang hanya melakukan pemasaran secara tradisional. Memang, pemasaran menggunakan cara tradisional masih efektif digunakan. Tetapi, jika tidak menggunakan teknologi untuk media pemasaran sebuah bisnis, Anda akan kehilangan konsumen yang cukup banyak. mengambil tenaga profesional untuk pemasaran adalah langkah yang tepat.

Ketiga, tidak dapat mengelola keuangan.
Di dalam menjalankan usaha, membuat kebijakan menentukan keputusan yang strategis harus didasari pada catatan administrasi serta basis data yang jelas. Kita tidak bisa hanya mengendalikan naluri. Hal yang sama pun berlaku di dalam keuangan. Banyak kasus pengusaha menjalankan bisnis tanpa memiliki data keuangan yang baik. hal ini membuat pengusaha tidak dapat mengetahui korelasi antara penjualan, profit hingga pengeluaran. Tidak mempunyai data akurat dalam hal keuangan bisa membuat potensi penyalahgunaan tingkat bawah terjadi tanpa Anda ketahui.
Keempat, tidak dapat mengendalikan modal dan kredit.
Anda sebagai pengusaha harus memahami dan mengetahui jika modal bukan hanya sekedar uang. Sehingga, hindari kredit di bank secara berlebihan. Jangan sampai kredit ini akan menjadi beban pengeluaran Anda di masa yang akan datang. Bila ingin meminjam modal dari bank, lebih baik sesuaikan kembali dengan kebutuhan serta kemampuan bayar Anda. selain itu Anda juga harus berhati-hati memberikan jangka waktu pembayaran pada konsumen karena tidak semua konsumen dapat menetapi jangka pembayaran sesuai dengan kesepakatan.

Terakhir, SDM yang kurang memiliki wawasan wirausaha.
SDM atau Sumber Daya Manusia menjadi hal yang penting di semua jenis usaha termasuk usaha komponen elektronik ini. SDM yang memiliki wawasan bisnis yang baik bisa bekerja dengan lebih baik karena ia memposisikan diri bukan hanya sebagai karyawan namun sebagai orang yang memiliki pengaruh pada keberhasilan berbisnis atau bisnis yang sedang ia kelola. Jangan menjadikan karyawan seperti robot, jika memungkinkan arahkan mereka dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Berbagai Penggunaan Kebaya Batik untuk Penampilan yang Lebih Sopan dan Formal

Beberapa kegiatan mengharuskan siapa yang mengikutinya untuk tampil dengan penampilan yang sopan, formal dan menghormati orang lain. Hal ini bisa dilaksanakan dengan pemilihan busana yang tepat beserta aksesorisnya hingga mempersiapkan diri dengan tata rias yang sesuai. Menggunakan busana yang rapi, sopan dan formal bukan hanya akan membuat diri Anda sendiri terlihat terhormat namun juga untuk menghormati orang lain yang ikut hadir di dalam kegiatan tersebut. Contoh busana yang bisa Anda andalkan sebagai wanita untuk jenis kegiatan tersebut adalah sebuah kebaya batik yang sekarang ini bisa dipadukan dengan atasan kebaya maupun dengan kemeja katun. Lalu moment seperti apa saja yang sangat pas jika Anda menggunakan kebaya di dalamnya, berikut ini adalah beberapa moment dimana Anda bisa menggunakan kebaya untuk terlihat terhormat, rapi dan sopan:  Resepsi pernikahanDalam sebuah resepsi pernikahan pastinya banyak orang yang hadir untuk menghormati mereka tuan rumah yang mengundang. Karenan…

Produk Cetaphil Indonesia Perawatan Wajah untuk Lindungi Wajah dari Sinar Matahari

Bagi sebagian orang yang setiap harinya melakukan aktivitas di luar rumah tentunya akan terkena paparan sinar matahari dibagian wajah. Paparan sinar matahari tentunya dapat memberikan berbagai macam masalah pada wajah. Seperti wajah kusam hingga warna wajah yang belang. Untuk itu diperlukan rangkaian perawatan wajah dari produk cetaphil Indonesia untuk melindungi wajah dari teriknya matahari disiang hari. Salah satu produk perawatan wajah dari cetaphil Indonesia yang bisa kamu gunakan untuk melindungi wajah dari matahari adalah Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+ dan Daily Facial Moisturizer SPF 15. Kedua produk ini ditujukan untuk melindungi wajah dan kulit dari matahari. Sehingga cocok digunakan untuk perawatan wajah dan kulit kalian. Kamu bisa gunakan Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+ untuk wajah dan badan. Produk ini bisa kamu dapatkan di toko resmi cetaphil Indonesia yaitu BLANJA.com Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+ dari cetaphil Indonesia memiliki kandungan yang mudah meresap ke dalam…

Kehabisan Dana Darurat ? Ini Solusinya

Dalam hal keuangan ada banyak hal yang harus diperhatikan di dalamnya, terutama pada bagian-bagian penting berupa keperluan primer, selain merencanakan untuk keperluan primer hendaknya saat merencanakan keuangan sisihkan pula beberapa untuk keperluan dana darurat, namun jika tidak bisa juga minimal kita sudah memiliki solusi dana darurat jika terjadi sesuatu dikemudian hari. Tapi terkadang dana darurat yang sudah kita siapkan masih saja kurang untuk keperluan mendadak tersebut sehingga mengharuskan kita untuk melakukan pinjaman, sangat disarankan untuk melakukan pinjaman pada orang terdekat dahulu kemudian baru di tempat kta tanpa bi cheking karena prosesnya yang cukup mudah.
Lalu berapa sebaiknya dana darurat yang dipersiapkan ? sebelum itu Anda harus menghitung kebutuhan Anda perbulannya terlebih dahulu, jadi untuk Anda yang masih lajang atau belum memiliki tanggungan maka dana darurat yang perlu dipersiapkan adalah  6 kali jumlah kebutuhan perbulannya, sedangkan untuk yang sudah mem…