Langsung ke konten utama

Festival Perang Pandan Adat Bali


SETIAP tahun di Bali ada sebuah acara festival unik yaitu Perang Pandan oleh para pemuda dan pemudi di Desa Pagringsingan, Karangasem. 

Di dalam ritual, para pria saling memukul punggung menggunakan pandan. Tubuh mereka pun penuh dengan luka selama pertarungan berlangsung, namun mereka begitu menikmatinya. Dari mulai muka, lengan, punggung, hingga perut pun penuh dengan baretan duri daun pandan. 

Selama perang berlangsung, diiringi musik tempo cepat dari tabuhan gamelan. Dan semua peserta terdiri dari pria, dan anak laki-laki, tak hanya memukul, tetapi juga melakukan gulat, dan membuat acara semakin meriah. 

Setelah peperangan usai, uniknya para pemuda yang berperang satu sama lain langsung saling membantu untuk mengobati luka menggunakan obat tradisional dari kunyit dan cuka. Mereka pun saling menggosokan obat ke bagian tubuh yang terluka. 

Sementara, para wanita di desa mengenakan pakaian tradisional dan menjelajah ke padang belantara untuk mengumpulkan air suci dari mata air suci sebelum ritual dimulai. 

Perang Pandan atau dikenal dengan Usabha Sambah' dilakukan di bulan Juni ketika rembulan penuh sebagai bentuk penghormatan kepada Dewa Indra dalam ajaran Hindu serta sebagai bentuk terima kasih para penduduk desa atas diberikan kepercayaan mengelola wilayah tersebut. 

Dilansir dari Dailymail, peperangan yang menghasilan darah dipercaya sebagai bentuk hadiah untuk dewa Indra. Sebab itu, saat upacara berlangsung para peserta tidak terlihat marah atau murung. 

Dan, penduduk setempat serta wisatawan pun antusias menonton salah satu pertunjukan budaya yang ada di provinsi di pimpinan I Made Mangku Pastika dan I Ketut Sudikerta tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dapatkan Hp Murah Brand Terkenal di Blanja.com

Mendapatkan Hp Murah dengan spesifikasi bagus dan beragam fitur canggih adalah impian setiap orang. Hampir semua orang tidak pernah lepas dari alat komunikasi yang kini menjelma menjadi sesuatu kebutuhan yang mengasyikkan. Saat memegang ponsel, seseorang bisa tertawa, sedih, senyum bahagia bahkan sampai menangis. Hp seakan-akan dapat mengalihkan konsertrasi para penggunanya.
Tidak hanya bisa berbicara via telepon, mengirim pesan singkat berupa sms, tapi hp jaman sekarang bisa untuk video call, berbagi keseharian via media sosial dan lain sebagainya. Terlebih lagi adanya beragam aplikasi chat yang memungkinkan pengguna mengirim pesan lebih privat, asyik karena ada emoticon dan dapat dibuat dalam bentuk grup. Sudah pastilah semakin membuat penggunanya tidak bisa berpaling dari Hp.
Selain itu, aplikasi kamera yang ada pada setiap hp smartphone, membuat penggunanya memotret objek apapun. Indonesia termasuk negara yang konsumtif terhadap hp, baik orang tua, remaja, anak kecil, semuanya but…

6 Tips Mudah Mewujudkan Kamar Tidur yang Nyaman dan Menenangkan

Kamar tidur tentu menjadi tempat di mana Anda dapat bersantai, dan beristirahat. Di kamar tidur pula lah Anda melepas segala kepenatan dari sepanjang hari beraktivitas di luar. Untuk itu, tidak heran kalau kamar tidur harusnya didesain selayaknya area dengan tingkat kenyamanan tertinggi di rumah. Kasur yang lembut dan empuk, penempatan furnitur yang rapi, sampai pencahayaan yang tepat adalah aspek-aspek kenyamanan dalam kamar tidur yang tidak dapat ditawar lagi.
Namun apakah dengan memenuhi ketiga standar tersebut, kamar tidur Anda telah dapat dikatakan nyaman secara maksimal? Nyatanya, tidak juga. Ada beberapa hal lain juga yang perlu Anda perhatikan jika ingin memiliki kamar tidur yang nyaman dan menenangkan. Nah, untuk membantu Anda mewujudkan kamar tidur impian, artikel ini akan memberikan beberapa tips mudah yang dapat Anda ikuti untuk membuat kamar tidur Anda terasa nyaman sempurna.
1.1.Terapkan konsep minimalis
Minimalis adalah satu-satunya konsep yang harus Anda terapkan jika And…

Kerjasama Levi's dengan Maliq and D'Essentials

Levi's Indonesia (Levi's) dan Maliq and D'Essentials (Maliq) berkolaborasi untuk beberapa proyek pada 2017.
Country Manager Levi’s Indonesia Daniel Sjogren mengatakan, kolaborasi tersebut dibentuk karena musik selalu menjadi cara Levi’s untuk menyuarakan nilai-nilai perusahaan tentang ekspresi diri dan semangat otentik.
Kami percaya bahwa musik dapat membuka keran kreativitas dan ekspresi diri setiap orang dan itulah motivasi dibalik kolaborasi baru kami di Indonesia dengan band pop Maliq yang sudah dikenal luas dan merupakan reprentasi sempurna dari apa yang kami maksud dengan orisinalitas.
Merayakan lebih dari 144 tahun keberadaannya sebagai merek denim dunia yang terkemuka, Levi’s selalu dicintai oleh konsumen Indonesia terutama karena hubungannya yang erat dengan musik sebagai cara untuk mengekspresikan diri.
Dengan musik yang memadukan akar neo-soul dengan pop klasik Indonesia, dan belakangan ini berkembang menjadi musik elektronik & psychedelic, MALIQ telah menjadi b…